Selasa, 19 April 2016

LAPORAN PRAKTIKUM STATISTIK ACARA VI PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK UNTUK ANALISIS STATISTIK



LAPORAN PRAKTIKUM STATISTIK
ACARA VI
PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK UNTUK ANALISIS STATISTIK
Oleh :
Nama               : Rhamadita Yola Pradana
NIM                : 14/361970/SV/06234
Shift                : Shift 3, Jumat, pukul 13.00
Co.ass              : Noer Laella Sari
LABORATORIUM KOMPUTASI & BIOMATRIKA HUTAN
BAGIAN MANAJEMEN HUTAN
FAKULTAS KEHUTANAN
UNIVERSITAS GADJAH MADA
YOGYAKARTA
2014
ACARA VI
PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK UNTUK ANALISIS STATISTIK
A.      Tujuan
1.      Agar praktikan mampu memahami prinsip-prinsip dan prosedur pemanfaatan perangkat lunak (Microsoft Excel) untuk analisis statistik.
2.      Meningkatkan pemahaman praktikan tentang prinsip-prinsip dasar statistik.
B.       Dasar Teori
Statistika adalah cabang dari matematika terapan yang mempunyai cara-cara, maksudnya mengkaji/membahas, mengumpulkan, dan menyusun data, mengolah dan menganalisis data, serta menyajikan data dalam bentuk kurva atau diagram, menarik kesimpulan, menafsirkan parameter, dan menguji hipotesa yang didasarkan pada hasil pengolahan data. Contoh: statistik jumlah pohon dari tahun ke tahun, statistik jumlah kendaraan yang melewati suatu jalan, statistik perdgangan antara negara-negara di Asia, dan sebagainya (Soedaryanto, 2008).
Uji hipotesis dua rata-rata digunakan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan (kesamaan) rata antara dua buah data. Untuk kali ini akan dibahas khusus tentang tutorial mengenai uji z : perbedaan dua rata-rata yang dimana digunakan ketika permasalahan kita membandingkan rata-rata dua kelompok yang diketahui varians populasinya dan sudah memenuhi asumsi normalitas (parametric). Excel menyediakan fasilitas perhitungan matematis untuk mengolah data menggunakan rumus atau fungsi. Penulisan rumus atau fungsi selalu diawali dengan (=).
Z-Test : Dua sampel. Untuk tools analisis means melakukan dua sampel z-test untuk means dengan Variance Knows (varians dikenal). Tools ini digunakan untuk menguji hipotesis tentang perbedaan antara dua mean atau populasi. Misalnya anda dapat mengggunakan tes ini untuk menentukan perbedaan untuk kinerja dua model mobile. T-Test : dua sampel asumsi varians yang tidak sama tools analisis ini melakukan t dua sampel test. Bentuk t-test mengasumsikan bahwa varians dari kedua rentang/range data tidak sama, ini disebut sebagai uji-t heteroscedastic. Anda menggunakan t-test untuk menentukan apakah dua sampel means adalah sama. Gunakan tes ini ketika kelompok yang diteliti adalah berbeda (Suprapto, 2008).
Konsep dasar statistika merupakan analisis banyak menggunakan probabilitas sebagai onsep dasarnya. Sedangkan matematika statistika merupakan cabang dari matematika terapan yang menggunakan teori probabilitas dan analisis matematis untuk mendapatkan dasar-dasar teori statistika (Andi, 2007).

































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar